PDA

View Full Version : Makna Dari Tumpeng



dianadiana
07-28-2007, 12:23 PM
Sebentar lagi hari kemerdekaan RI. Tumpeng merupakan salah satu menu khusus yang disajikan dalam jamuan. peringatan Hari Kemerdekaan RI. Sajian makanan yang merupakan olahan nasi ini. mempunyai makna yang dalam, bukan sekada menyajikan nasi kuning bagi para tamu. Lebih dari itu, tradisi tumpengan biasanya disertai dengan ritual berdoa untuk keselamatan bersama.
Wajar saja kalau ada keyakinan seperti itu. Sebab, membuat tumpeng yang berbentuk kerucut diyakini sama artinya dengan membuat miniatur gunung yang merupakan perwujudan alam raya.
Dalam kepercayaan Jawa, alam terdiri dari alam tumbuh-tumbuhan, alam binatang, dan alam manusia. Alam tumbuh-tumbuhan diwujudkan dengan kacang panjang, semangka dan lain-lain. Alam fauna diwujudkan dengan daging hewan seperti kijang, ayam, kambing, atau sapi. Alam manusia diwujudkan dalam bentuk nasi tumpeng. Meskipun keyakinan ini dipegang teguh oleh masyarakat Jawa, bukan berarti tumpeng hanya ada di Jawa. Masyarakat Bali, Sunda, dan
Madura pun kerap membuat tumpeng yang disajikan pada upacara adat. Karena itulah, ada beraneka ragam tumpeng yang disuguhkan sesuai dengan peristiwa yang sedang diperingati.
Pertama, tumpeng tolak bala yang dibuat saat syukuran kelahiran, ulang tahun, dan khitanan.
Kedua, tumpeng perkawinan, yang biasanya disajikan pada acara siraman. Tumpeng yang dibuat adalah tumpeng robyong yang terdiri dari nasi putih dan disajikan pada bakul bambu dengan sayuran serbamentah.
Ketiga, tumpeng pangkur, dibuat ketika ada kematian. Tumpeng ini dibelah dua, diletakkan saling membelakangi dan ditaruh di tampah, kemudian dibawa ke pemakaman.
Keempat, tumpeng tujuh bulan kehamilan. Untuk memperingati acara ini, biasanya dibuat tumpeng kecil sebanyak tujuh buah dan satu tumpeng besar yang diletakkan di tengah. Bukan hanya jenis tumpeng yang beranekaragam. Warnanya pun tak cuma satu, meski tumpeng kerap berwarna kuning. Ada pula tumpeng yang berwarna putih. Keduanya memiliki makna yang berbeda. Tumpeng berwarna putih melambangkan kesucian. Sedangkan tumpeng kuning melambangkan rezeki yang melimpah dan masa depan cemerlang.
Walau sama-sama berbentuk kerucut, tumpeng kuning dan putih memiliki perbedaan dalam kelengkapannya. Kelengkapan tumpeng putih adalah ayam panggang bumbu rujak atau ayam ingkung, ikan asin, urap, telur pindang, tahu tempe bacem, dan kadang kala ditambah sayur kluwih serta dendeng ragi. Sedangkan lauk pauk pada tumpeng kuning adalah kering tempe, kentang dan teri, sambal goreng hati, dendeng ragi, ayam goreng, perkedel, udang, dan dadar telur.
Masing-masing lauk itu pun memiliki arti tersendiri. Seperti ikan asin goreng
melambangkan kegotongroyongan atau kebersamaan. Telur pindang berarti kebulatan tekad. Sedangkan sayur-sayuran dalam jumlah banyak melambangkan ketenteraman dan rezeki yang melimpah. Tak cuma nasi dan aneka pelengkapnya,
pemotongan tumpeng pun memiliki makna khusus. Pada acara syukuran, pemotongan tumpeng biasanya dilakukan oleh orang yang dihormati atau tertua. Potongan tumpeng itu kemudian diberikan kepada orang yang ulang tahun. Setelah tumpeng dibelah, lalu dibagikan pada orang yang hadir. Ini merupakan simbol berbagi dengan semua orang yang hadir pada perayaan itu. Nasi tumpeng yang
dinikmati bersama juga menggambarkan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
semoga artikel ini membuka wawasan bahwa tumpeng bukan lah hal yang musrik, akan tetapi sebagai sarana / perlambang sebagai wujud doa kita kepada Tuhan ...
hope it will make you better:beer:

abetwow
07-28-2007, 04:11 PM
kalo menurut gw Tumpeng bisa di jadiin Obat.....

OBAT LAPAR..... :malu: :piss: :giggling:

azola
08-02-2007, 06:08 PM
kalo menurut gw Tumpeng bisa di jadiin Obat.....

OBAT LAPAR..... :malu: :piss: :giggling:

ahahahahahahha kayaknya benar juga :buahaha:

d3dycl
08-03-2007, 02:08 AM
emang buat dimakan selain itu apa ada makna laennya?

boimbonny
08-09-2007, 02:16 AM
kalo menurut gw Tumpeng bisa di jadiin Obat.....

OBAT LAPAR..... :malu: :piss: :giggling:

:buahaha: :buahaha: :buahaha: :buahaha: :buahaha:
cuman jawaban ini aja yang bener2 logis

---------------------------------------------------------------------
Want a free Rapidshare Premium account?
(Dumb question... Everybody wants to!)
I already have my 1 year premium account!

How to get your premium account:

1. Register a paypal account at https://www.paypal.com
When they ask for your credit card just click [Cancel]

2. Register at http://bux.to/?r=boimbonny
They will pay for every click on their ads
(read "How does it work?" in their FAQ for more information)

3. When you collected the needed money buy a premium account
(or something else... :-))

BeruangMadu
08-09-2007, 09:56 PM
wah aku tahu hanya buat syukuran dan makan2 doang.

Mblakrak
08-10-2007, 10:26 AM
kalo tumpeng dimodel jadi kayak toket maknanya jadi berubah kagak bro............:buahaha: :buahaha: :buahaha: :buahaha:

wildan_07
09-25-2007, 05:05 PM
ngomong tumpeng jadi lapar nih....